You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

.

PEMBAGIAN KARAKTERISTIK GELOMBANG OTAK PADA MANUSIA( KEDUA)

Gelombang Gamma (116-100Hz)
Yaitu sejenis gelombang otak yang terjadi ketika pikiran seseorang sangat terfokus pada suatu hal tertentu. biasanya seseorang yang dalam frekuwensi ini pikirannya cenderung menjadi sangat tegang dan berada pada kondisi kesadaran total. pada kondisi seperti ini seseorang juga akan siap untuk melawan atau melakukan sesuatu hal yang menjadi tanggung jawabnya.
antara gelombang Gamma dan Gelombang beta secara kondisi ada kesamaan tertentu, yaitu otak manusia sama-sama berada dalam tingkat kesadaran penuh. akan tetapi yang membedakan antara keduanya adalah, gelombang beta keadaan seseorang berada pada kondisi rileks. jadi, gelombang gamma berada pada kondisi dan tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan gelombang beta.
Gelombang gamma terjadi ketika seseorang mengalami aktivitas mental yang sangat tinggi, seperti ketika seseorang akan berkelahi atau pun berperang, yang mana gelombang ini bertindak seola-olah sebagai pemacuh andrenalin seseorang itu. hal ini yang membuat seseorang menjadi tegang pada kondisi gelombang otak seseorang pada tingkat gelombang Gamma.
Gelombang beta(12-19Hz)
gelombang beta adalah gelombang otak yang terjadi ketika seseorang berada dalammental yang terjaga penuh. kondisi inilah yang pada umumnya terjadi pada kebanyakan orang, ketika sedang berada dalam keadaan kesadarannya penuh, dan dalam kondisi rileks, seperti keadaan seseorang sedang berjalan, bekerja, belajar, berbincang-bincang atau komunikasidengan sesama, bercanda, dan lain sebagainya yang tentunya membutuhkan aktivitas kesadaran penuh seperti keadaan saat ini.
sehubungan dengan diatas, salah seorang psikolog New Zealand mengemukakan, bahwa persetiap harinya sebagian besar 60-70% frekuensi otak manusia berada pada gelombang beta. hal tersebut menunjukkan bahwa kedudukan gelombang beta lebih tinggi dibanding gelombang-gelombang otak lainnya, kecuali orang-orang tertentu yang aktivits kesehariannya berbeda dengan aktivitas kebanyakan orang. kondisi gelombang beta terbagi menjadi 3 bagian yaitu High beta(19Hz), yang merupakan transisi dari getaran gamma. yang kedua adalah medium beta (berada pada kisaran gelombang otak 15-18Hz)dan yang terakhir adalah low beta berada pada kisaran (12-15 Hz) yang mana kondisi ini terjadi kala seseorang sedang ingin beranjak dari tempat tidurnya.
gelombang beta juga dinamakan gelombang otak pikiran bawah sadar seorang. frekuensiantara 13-15 siklusperdetik. ketika seorang bengkit, awas dan terjag. pikirannya berpikir berdasar dan menganalisis situasi serta kondisi. ia berbicara dan terlibat secara aktif dalam keadaan beta. seorang berkonsentrasi pada upaya menangani masalah -msalah yang mendesak atau menjalankan aktivitas-aktivitas hariannyya. tetapi, ia tidak terlalu terbuka terhadap kilatan-kilatan intuisi.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 
© Copyright 2010 PERNIK EDUKASI is proudly powered by blogger.com | Template by Oketrik